MAGIC VEN

“ MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMPERMUDAH SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI TENTANG DIAGRAM VEN”

DISUSUN OLEH :
ESKA KURNIAWATI EFENDI
ERLINA LUTHFIANA MAHMUDAH
MELINDA KARTIKA SARI
DHINI CAHYANING FITRI

UNIVERSITAS PGRI MADIUN
2017/2018


KATA PENGANTAR




 Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat ,rahmat dan karunia-Nya, kami dapat menyelesaikan buku panduan ini dengan judul  BUKU PANDUAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MAGIC VEN”. Adapun  tujuan dari disusunnya buku panduan ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Workshop Media Pembelajaran Matematika. Dalam penyelesaian buku panduan ini tentunya tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, maka dalam kesempatan ini kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada:

1.       Ibu Restu Lusiana.,M.Pd selaku dosen pembimbing mata kuliah Workshop Media Pembelajaran Matematika.

2.       Serta teman-teman yang telah mendukung kami dalam pembuatan buku panduan ini.

Tentunya dalam penyusunan buku panduan ini banyak terdapat kekurangan. Oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan agar dimasa mendatang dapat lebih baik. Segala saran dan masukan atas kekurangan makalah ini, kami terima dengan pikiran terbuka dan ucapan terima kasih. Semoga segala bentuk bantuan yang telah diberikan mendapat balasan yang lebih baik dari Allah SWT.



Madiun, 9 Juli 2018
Penulis


PENDAHULUAN




Media pembelajaran Magic Ven kami buat untuk memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran Himpunan serta mempermudah pemahaman konsep Himpunan secara konkrit. Media ini juga diharapkan dapat membantu guru untuk memberikan metode pembelajaran yang bervariasi, sehingga meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik.

 Sasaran media pembelajaran yang kami buat adalah siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pada jenjang ini, peserta didik tentunya sudah merasa jenuh atau bosan terhadap pelajaran karena akan menghadapi UAS ataupun UNAS. Kami harapkan dengan media ini siswa dapat memperoleh suatu materi pembelajaran dengan cara yang menyenangkan dan dapat menyerap materi pembelajaran dengan mudah.


 


MATERI HIMPUNAN

HIMPUNAN
Himpunan adalah kumpulan benda atau objek yang anggota-anggotanya dapat didefisikan dengan jelas. Contoh kumpulan hewan menyusui anggotanya dapat ditentukan dengan jelas yaitu kerbau, kambing, sapi, kuda dan lain-lain. Kumpulan bilangan asli kurang dari 6 anggotanya dapat ditentukan dengan jelas yaitu 1, 2, 3, 4, 5.
Diagram Venn atau diagram set adalah diagram yang menunjukkan semua kemungkinan hubungan logika dan hipotesis di antara sekelompok (set/himpunan/grup) benda/objek. Diagram Venn merupakan bentuk lain dari penyajian suatu himpunan dengan cara menggunakan gambar. Adapun semua anggota dari himpunan semesta ditunjukan dengan noktah atau titik.

A.    Operasi Antar Himpunan
Operasi antar himpunan adalah operasi matematika yang bisa dilakukan terhadap himpunan. Biasanyaoperasi himpunan ini berlaku antara dua himpunan. Dalam contoh ini menggunakan himpunan A dan himpunan B, dimana operasi matematika akan dilakukan terhadap dua himpunan tersebut. Dengan kata lain akan dilakukan operasi matematika antara himpunan A dengan himpunan B. Berikut operasi-operasi pada Himpunan :
(1)   Gabungan (union)
Gabungan antara dua buah himpunan dinotasikan oleh tanda ‘‘.
Misalkan A1 dan B1 adalah himpunan, maka A1
B1 = {x | x A1 atau x B1}

(2)   Irisan (intersection)
Irisan antara dua buah himpunan dinotasikan oleh tanda ‘∩ ‘.
Misalkan A2 dan B2 adalah himpunan yang tidak saling lepas, maka A2 ∩ B2 = {x | x
A2 dan x B2}
 



(3)   Komplemen (complement) 
Komplemen dari suatu himpunan merupakan unsur -unsur yang ada pada himpunan universal (semesta pembicaraan ) kecuali anggota himpunan tersebut. Misalkan A3 merupakan himpunan yang berada pada semesta pembicaraan S, maka komplemen dari himpunan A3 dinotasikan oleh : A3’ = {x | x U dan x A3}

(4)   Selisih (difference)
Selisih antara dua buah himpunan dinotasikan oleh tanda ‘– ‘. Misalkan A4 dan B4 adalah himpunan, maka selisih A4 dan B4 dinotasikan oleh
 A4 – B4 = {x | x A4 dan x B4} = A4 ∩ B4

CARA PEMBUATAN MEDIA MAGIC VEN
A.     Peralatan yang dibutuhkan :
1.       Triplek 68 x 40 cm
2.       Triplek 40 x 16
3.       Fiber berwarna terdiri dari merah, biru, hijau, dan kuning dengan diameter 8 cm
4.       Kayu balok 48 x 40 dengan ketebalan 1 cm
5.       Fiber transparan 68 x 40 cm
6.       Jangka
7.       Bolpoin
8.       Stiker
9.       Amplas
10.   Gergaji
11.   Solasi
12.   Pilox warna orange dan transparan
13.   Karet Ban 2 x 1 cm
14.   Gunting Mika
15.   Cat Tembok
16.   Cat Minyak Maries
17.   Lem Rajawali
18.   Lem Castol
19.   Lem G
20.   Kuas
21.   Paku
22.   Tali nilon 90 cm
23.   Bambu sebanyak 7 buah dengan panjang :
No.
Himpunan
Panjang Bambu
Kanan
Kiri
1.
Gabungan
43 x 4 cm
A1
B1
2.
Irisan
45 x 4 cm
A2
B2
3.
Komplemen
48 x 4 cm
A3

4.
Selisih
51 x 4 cm
A4
B4

B.      Langkah pembuatan
    1.        Potong fiber berwarna membentuk lingkaran dengan bantuan jangka dengan diameter
    8 cm untuk setiap lingkaran kita buat sebanyak 7 buah
2. Potong bambu sesuai ukuran yang telah di tetapkan, lalu amplas hingga halus


3. Menggabungkan Triplek yang telah diukur tadi dengan Balok kayu
4. Gabungkan potongan kayu sebagai sekat untuk melekatkan bambu dan lingkaran
5.  Setelah itu pilok semua bagian dengan pilok warna orange terlebih dahulu baru dengan pilox transparan
6.       Cat lingkaran membentuk garis arsiran dengan menggunakan cat dulux dengan menggunakan solasi
7.       Lukis triplek 40 x 16 dengan menggunakan cat maries
8.       Cat bambu dengan menggunakan cat dulux
9.       Beri lubang memanjang pada bagian tengah karet ban lalu di cat menggunakan cat dulux
10.     Rekatkan bambu dan lingkaran yang telah kering dengan menggunakan lem castol
11.    Setelah direkatkan kasih tanda pada bagian bambu dan lingkaran, pada bagian ujung bambu diaksih nama himpunan, gabungan, selisih, komolemen, irisan. Pada bagian lingkaran dikasih tanda A dan B dan juga pada bambunya.
12.       Pada bagian atas dikasih karet ban yang telah dipotong tadi supaya media ketika di selipkan tidak jatuh
13.   Proses penggabungan

14.       Setelah itu pasang fiber transparan sebagai penutup atau finising
15.       Yang terakhir pasang pengait sebagai tempat menggantung media
16.       Hasil akhir dari media



CARA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN


1.      Ambil salah satu contoh operasi Himpunan, yaitu irisan, gabungan, komplemen, atau selisih,
2.      Pilih salah satu simbol operasi Himpunan pada sisi kanan dan kiri media. Berikut beberapa simbol yang kita gunakan sebagai tanda pada setiap himpunan :

No.
Himpunan
Kanan
Kiri
1.
Gabungan
A1
B1
2.
Irisan
A2
B2
3.
Komplemen
A3

4.
Selisih
A4
B4

3.      Geser kedua lingkaran tersebut hingga bagian tengah media  yang menjadi hasil penyelesaian dari penggabungan kedua lingkaran tersebut,
4.      Apabila kita mengambil contoh tentang operasi himpunan Gabungan maka, kita dapat mengetahui jawaban dari A1 dan B1, ketika kedua lingkaran tersebut bertemu pada bagian tengah media, bagian arsiran pada kedua lingkaran tersebut merupakan hasil dari operasi Himpunan Gabungan, yaitu Irisan A1 ∩ B1. Begitu juga dengan ketiga operasi Himpunan yang lainnya.


A.    OPERASI HIMPUNAN GABUNGAN
Contoh Soal :
Diketahui :
A1  = {a, b, c, d}
B1 = {c, d, e, f}
Maka,
A1 B1 = {a, b, c, d, e, f}
Cara penyelesaian menggunakan media :
1.      Pilih operasi himpunan “Gabungan” pada kedua sisi kanan (A1) dan kiri (B1) yang terdapat pada kayu penggeser,
2.      Geser kedua kayu yang bertuliskan “Gabungan” tersebut ke sisi tengah media,
3.      Letakkan anggota himpunan {a, b, c} pada lingkaran sisi kanan (A1) dan {a, b, c, d, e, f} pada lingkaran sisi kiri (B1). Pada bagian ini, letakkan anggota yang sama pada pertemuan kedua lingkaran,
4.      Muncullah hasil penyelesaian dari kedua lingkaran tersebut yang terdapat pada daerah yang telah diarsir, yaitu A1 B1 = {a, b, c, d, e, f}.
B. OPERASI HIMPUNAN IRISAN

Contoh Soal :

Diketahui :
A2 = {a, b, c, d}
B2 = {c, d, e, f}
Maka,
A2  ∩ B2 = {c , d}
Cara penyelesaian menggunakan media :
1.      Pilih operasi himpunan “Irisan” pada kedua sisi kanan (A2) dan kiri (B2) yang terdapat pada kayu penggeser,
2.      Geser kedua kayu yang bertuliskan “Irisan” tersebut ke sisi tengah media,
3.      Letakkan anggota himpunan {a, b, c, d} pada lingkaran sisi kanan (A2) dan {c, d, e, f} pada lingkaran sisi kiri (B2). Pada bagian ini, letakkan anggota yang sama pada pertemuan kedua lingkaran,
4.      Muncullah hasil penyelesaian dari kedua lingkaran tersebut yang terdapat pada daerah yang telah diarsir, yaitu A2 ∩ B2 = {c , d}.
 

C. OPERASI HIMPUNAN KOMPLEMEN
Diketahui :
Himpunan semesta S beranggotakan bilangan a sampai dengan f dan
A3 = {a, b, c}
Maka
A3’ = {d, e, f}
Cara penyelesaian menggunakan media :
1.      Pilih operasi himpunan “Komplemen” pada kedua sisi kanan (A3).
2.      Geser kayu yang bertuliskan “Komplemen” tersebut ke sisi tengah media,
3.      Letakkan anggota himpunan {a, b, c} pada lingkaran sisi kanan (A3) dan { a, b, c, d, e, f} pada himpunan Semesta “S” diluar lingkaran. Pada bagian ini, letakkan anggota yang sama pada lingkaran,
4.      Muncullah hasil penyelesaian dari kedua lingkaran tersebut yang terdapat pada daerah yang telah diarsir, yaitu A3’ = {d, e, f}
D. OPERASI HIMPUNAN SELISIH
Diketahui :
A4 = {a, b, c, d, e}
B4 = {d, e, f}
Maka
A4 – B4 = {a, b, c}
Cara penyelesaian menggunakan media :
1.      Pilih operasi himpunan “Selisih” pada kedua sisi kanan (A4) dan kiri (B4) yang terdapat pada kayu penggeser,
2.      Geser kedua kayu yang bertuliskan “Selisih” tersebut ke sisi tengah media,
3.      Letakkan anggota himpunan {a, b, c, d, e} pada lingkaran sisi kanan (A4) dan {d, e, f} pada lingkaran sisi kiri (B4). Pada bagian ini, letakkan anggota yang sama pada pertemuan kedua lingkaran,
4.      Muncullah hasil penyelesaian dari kedua lingkaran tersebut yang terdapat pada daerah yang telah diarsir, yaitu A4 – B4 = {a, b, c}.



LATIHAN SOAL


1.      Diketahui:
      S = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10}
      A = {1, 2, 3, 4, 5}
       B = {6, 7, 8}
Tentukanlah A B !

2.      Diketahui:
      A= {1, 2, 3, 4, 5}
      B = {2, 3, 6, 7, 8}
Tentukanlah A ∩ B !

3.      Diketahui :
      S = {1, 2, 3, ..., 10} adalah himpunan semesta
      A = {2, 3, 5, 7}
      B = {1, 3, 5, 7, 9}
Tentukan A – B !

4.      Diketahui :
      S = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8}
      A = { 1, 2, 3}
Tentukan Komplemen A’ !



1.      Diketahui:
      S = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10}
      A = {1, 2, 3, 4, 5}
      B = {6, 7, 8}
Tentukanlah A B.!
Jawaban :
     A   B = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8}

2.      Diketahui:
       A= {1, 2, 3, 4, 5}
       B = {2, 3, 6, 7, 8}
Tentukanlah A ∩ B !
Jawaban :
          A ∩ B = {2, 3}
    
3.      Diketahui :
      A = {2, 3, 5, 7}
       B = {1, 3, 5, 7, 9}
Tentukan A – B !
Jawaban :
             A – B = {2, 3, 5, 7}– {1, 3, 5, 7, 9}
                        = {2}

4.      Diketahui :
       S = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8}
       A = {1, 2, 3}
Tentukan Komplemen A’ !
Jawaban :
         A= {0, 4, 5, 6, 7, 8}
 
 




 








Komentar

Postingan populer dari blog ini

semua tentang Ibu